Senin, 22 Oktober 2012

10 air terjun tertinggi di dunia


1. Angel

Air terjun Angel merupakan air terjun tertinggi di dunia dengan ketinggian 1.000 m. Air terjun ini terletak di Rio Caroni, Taman Nasional Canaima, Venezuela. Penemu resmi air terjun tertinggi di dunia ini ialah seorang penerbang Amerika yang bernama James Crawford Angel pada tahun 1936. Oleh sebab itu, air terjun tertinggi di dunia itu dinamakan “Air Terjun Angel”. Air terjun Angel bersumber dari Sungai A.S Caroni.

2. Tugela

Air terjun tertinggi kedua di dunia setelah Air terjun Angel ialah Air terjun Tugela. Air terjun ini memiliki ketinggian 984 m. Lokasinya di Taman Nasional Royal Natal di Kwazulu, Natal, Afrika Selatan. Air Terjun Tugela bersumber dari Sungai Tugelas.

3. Kukenaam

Air Terjun Kukenaam merupakan air terjun tertinggi ke tiga di dunia. Air terjun yang tingginya mencapai 656 m ini terletak di Salto, di perbatasan Venezuela- Guyana. Air terjun yang juga dikenal sebagai Cuquenan Falls ini bersumber dari Sungai Kukenaam.

4. Sutherland

Predikat air terjun tertinggi ke empat di dunia dipegang oleh Air terjun Sutherland. Air terjun ini terletak di Selandia Baru. Tingginya mencapai 580 m. Air Terjun Sutherland bersumber dari Sungai Arthur.

5. Ribbon

Air terjun Ribbon merupakan air terjun tertinggi ke lima di dunia. Ketinggiannya mencapai 491 m. Air terjun ini terletak di California. Air terjun Ribbon bersumber dari Sungai Creek.

6. Upper Yosemite

Air terjun Upper Yosemite merupakan air terjun tertinggi ke enam di dunia. Air terjun yang terletak di California ini memiliki ketinggian 435 m. Air terjun Upper Yosemite bersumber dari Sungai A.S. Merced.

7. Gavamie

Air terjun tertinggi ke tujuh di dunia ialah Air Terjun Gavamie. Air terjun ini terletak di Perancis. Air terjun yang bersumber dari Sungai Gave de Pau ini memiliki ketinggian yang mencapai 421 m.

8. Takkakaw

Air Terjun Takkakaw merupakan air terjun tertinggi ke delapan di dunia. Tingginya mencapai 380 m. Lokasi air terjun ini ialah di Columbia. Air terjun Takkakaw bersumber dari Sungai A.S. Yoho.

9. Silverstrand

Air terjun yang menduduki posisi ke sembilan sebagai air terjun tertinggi di dunia ialah air terjun Silverstrand. Air terjun dengan ketinggian mencapai 357 m ini terletak di California. Air terjun Silverstrand bersumber dari Sungai A.S. Merced.

10. Staubbach

Air terjun tertinggi ke sepuluh ialah air terjun Staubbach. Air terjun ini berlokasi di Swiss. Air terjun yang bersumber dari Sungai Staubbach ini memiliki ketinggian yang mencapai 299 m.

sumber :gilet22.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar