Sabtu, 20 Oktober 2012

peringkat 10 negara terbaik

1.    Swedia

Keberhasilan Swedia menjadi negara yang menempati peringkat pertama sebagai negara yang sukses masuk dalam era ekonomi digital ditunjang oleh pelaksanaan rencana strategis implementasi broadband yang dikeluarkan oleh pemerintahnya pada tahun 2009. Terintegrasinya segala aspek kehidupan masyarakat, seperti sistem transportasi, sistem perbankan, fasilitas medis, serta layanan pendidikan menjadi kunci sukses Swedia memasuki era ekonomi digital.

Selain itu, dari sisi infrastruktur, kecepatan internet menjadi hal yang memberikan pengaruh besar dalam pertumbuhan ekonomi Swedia yang pada tahun 2010 mencapai angka 5,5 persen. Swedia sendiri tercatat sebagai negara ketiga yang memiliki kecepatan internet tertinggi di dunia.

2.    Denmark

Predikat negara kedua terbaik dalam penerapan TIK sebagai pendukung perekonomian memang pantas disandang oleh Denmark. Dengan penetrasi internet yang mencapai 86,80% per 100 penduduk pada tahun 2010 serta penetrasi social media, khususnya Facebook, yang cukup tinggi 48,50% penduduk menjadikan budaya e-commerce tumbuh cukup pesat ditengah-tengah masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan total nilai perdagangan nasional melalui internet (e-commerce) pada tahun 2010 yang mencapai 74,98 miliar euro atau nilai perkapitanya sebesar 1.059,90 euro.

Tak hanya masyarakat yang mulai memanfaatkan e-commerce pada konsumsi hariannya, pemerintah pun mulai memanfaatkan channel dalam government spending. Nilai e-commerce untuk government spending ini sendiri di tahun 2010 sebesar 1,57 miliar euro. Menjamurnya e-commerce tentunya menjadikan Denmark sebagai negara kedua terbaik dalam implementasi ekonomi digital.

3.    Amerika Serikat

Sejak tahun 2001, Amerika Serikat berhasil mendirikan unit kerja yang bertanggung jawab penuh dalam pengembangan electronic government (eGovernment). Unit ini berhasil mengembangkan United State eGovernment Strategy yang memiliki visi untuk meningkatkan kualitas layanan pemerintah kepada masyarakat, pebisnis, serta sesama pemerintah agar lebih efektif dan efisien. Salah satu kebijakan Amerika Serikat yang dapat dijadikan benchmark adalah pengembangan data.gov. Website yang diluncurkan pada tahun 2009 ini berfungsi sebagai portal informasi data pemerintahan Amerika Serikat yang dapat diakses oleh masyarakat, dunia bisnis, maupun lembaga pemerintahan lainnya.

Selain dukungan kebijakan pemerintah tersebut, budaya e-commerce ditengah masyarakat juga menjadi pendukung keberhasilan implementasi TIK dalam meningkatkan perekonomian. Tahun 2009, transaksi e-commerce di negara terkuat dunia ini tercatat sebesar US$144,24 miliar.

4.    Finlandia

Dengan jumlah populasi pada tahun 2010 sebesar 5,4 juta penduduk, penetrasi internet di Finlandia mencapai 82,50%. Tak banyaknya jumlah penduduk ini menjadi salah satu kunci sukses pengembangan ekonomi digital di Finlandia. Diawali dengan pengembangan electronic government (eGovernment) beberapa tahun belakangan, Finlandia pun secara paralel mulai mengembangkan berbagai channel bisnis digital.

Keberhasilan ekonomi digital dari negara yang PDB per kapitanya pada tahun 2009 yang mencapai US$44.491 ini ditunjukkan dengan nilai total perdagangan melalui e-commerce yang mencapai 54,13 miliar euro pada tahun 2010. Dengan kata lain, nilai e-commerce per kapita tahun 2011 dari negara yang penetrasi Facebook-nya sebesar 36,70 persen ini adalah 798,59 euro.

5.    Belanda

Dukungan kehandalan layanan data sangat dibutuhkan dalam perkembangan ekonomi digital. Semakin terkoneksinya suatu negara, maka semakin banyak peluang untuk meningkatkan produktivitas. Selain konektivitas, kualitas akses juga sangat penting. Semakin besarnya ukuran data pada lalu lintas internet, semakin membutuhkan kualitas akses yang semakin baik pula, dan dengan harga yang terjangkau. Inilah yang menjadi dasar kuatnya ekonomi digital di Belanda.

Tak main-main investasi yang dilakukan oleh pemerintah negara ini. Sejak tahun 2009, mereka telah berhasil mengimplementasikan jaringan broabband 4G di negaranya. Dampaknya pun cukup signifikan, terlihat dari nilai total perdagangan melalui e-commerce yang meningkat dari 1,8 juta euro pada tahun 2002 menjadi 12,8 juta euro pada tahun 2009.

6.    Norwegia

Keberhasilan implementasi TIK dalam pertumbuhan ekonomi tak dapat dilepaskan dari besarnya konsumsi individu dan perusahaan dalam mengakses layanan teknologi informasi dan komunikasi, memanfaatkan berbagai macam fitur internet, aktivitas pembelian online, serta seberapa besar pemanfaatan online public service. Hal inilah yang menjadi kunci sukses Norwegia dalam mengimplementasikan ekonomi digital. Sejak 2007, penetrasi internet di negara yang beribukota Oslo ini mencapai 87,5%. Tingginya penetrasi internet ini memiliki dampak besar bagai dunia bisnis dengan sebanyak 75 persen perusahaan pada tahun 2011 telah menggunakan aplikasi mobile pada aktivitas kerjanya.

Tak hanya itu, di masyarakat pun pembayaran online telah menjadi bagian tak terpisahkan. Terlihat dari 65 persen penduduk menggunakan cara ini dalam transaksinya sehari-hari selama tahun 2011.

7.    Hong Kong

Hingga April 2011, penetrasi internet di Hong Kong telah mencapai 84 persen dengan rata-rata subscribe melalui mobile phone atau device lainnya adalah 1,96 per orang. Selain itu, keberhasilan Hongkong dalam ekonomi digital juga terlihat dari keberhasilannya dalam meningkatkan kecepatan internet dan menurunkan biaya telekomunikasi menjadi terjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Selain itu, pada Mei 2011, Boston Consulting Group memaparkan hasil studi posisi Hong Kong sebagai digital city terbaik dunia. Dalam studi tersebut, dukungan kuat pemerintah dalam pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi serta kebijakan keterbukaan informasi menjadi kunci sukses pembangunan ekonomi digital di Hong Kong.

8.    Singapura

Salah satu kriteria yang menjadi penilaian dalam Digital Economy Ranking ini adalah iklim usaha yang mencakup kondisi negara dalam hal kekuatan ekonomi, pajak, peraturan persaingan usaha, tenaga kerja, dan keterbukaan terhadap perdagangan dan investasi. Singapura menjadi negara yang memiliki iklim usaha terbaik pada pemeringkatan ini. Hal ini didukung oleh laporan Doing Business 2012 yang menyatakan Singapura sebagai negara dengan peringkat pertama dalam hal kemudahan mendirikan usaha.

The Global Enabling Trade Report tahun 2010 juga menyebutkan Singapura berhasil menempati posisi pertama sebagai negara yang sangat terbuka terhadap investasi dan perdagangan internasional. Keberhasilan Singapura dalam menjaga iklim usahanya ini pun tak lepas dari komitmennya dalam mengembangkan budaya e-commerce ditengah-tengah masyarakat. Tak hanya itu, dikembangkannya e-registration bagi usaha kecil dan menengah juga menjadi faktor pendukung keterbukaan negara kecil ini terhadap perdagangan.

9.    Australia

Berbicara tentang kebijakan ekonomi digital oleh pemerintah, mungkin Australia merupakan negara yang fenomenal. Tahun 2009, negeri Kanguru ini berhasil menelurkan sebuah rencana strategis bertajuk Australia’s Digital Economy: Future Direction. Kebijakan yang berada dibawah pengawasan Department of Broadband, Communication and the Digital Economy ini memaparkan dengan jelas peran pemerintah serta stakeholder lainnya dalam pengembangan ekonomi digital, kebijakan industri pendukung ekonomi digital, serta inovasi-inovasi andalan negara ini sebagai penunjangnya.

Mendukung rencana strategis tersebut, pada bulan Mei 2011, pemerintah Australia kembali melakukan gebrakan dengan mensahkan National Digital Economy Strategy yang juga mendukung terciptanya National Broadband Network yang akan menjadi kunci sukses penerapan ekonomi digital di tahun 2020.

10.     Selandia Baru

Perubahan dalam dunia pendidikan Selandia Baru menjadi fondasi kuat pengembangan ekonomi digital di negara tersebut. Konsep e-learning yang dikembangkan sejak awal tahun 2000-an merupakan pilihan pemerintah untuk menjembatani kesenjangan pendidikan Selandia Baru. Demi menunjang implementasi e-learning, pemerintah melibatkan berbagai stakeholder dalam Collaborative Development Fund (CDF) sebagai pendanaan proyek tersebut. Kesiapan Selandia Baru dalam pengembangan e-learning menjadikan negara ini mendapatkan niai tertinggi pada  kriteria lingkungan sosial dan budaya dalam Digital Economy Ranking ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar